CATUR UDINUS

Ketua : DEDE ARISKO AGUSTIAWAN
Sekretaris : AIQOHAKI MAYASYA
Visi : Menjadikan catur udinus sebagai wadah untuk meningkatkan minat dan bakat mahasiswa dalam olahraga catur untuk meraih prestasi. Kemudian menumbuhkembangkan kemampuan strategi bermain catur bagi mahasiswa udinus sehingga dapat meraih prestasi yang sebanyak-banyaknya.
Misi : 1. Menfasilitasi dan mengakomodasi dalam mengembangkan minat dan bakat dibidang catur. 2. Meningkatkan kemampuan berorganisasi bagi anggota. 3. Menjaga dan meningkatkan hubungan baik dengan pihak dalam dan luar. 4. Mengadakan kegiatan yang melibatkan masyarakat untuk meningkatkan potensi catur internal maupun eksternal.

Catur (bahasa Inggris: chess) adalah permainan strategi yang dimainkan pada sebuah papan persegi yang terbagi menjadi 64 kotak, dengan 32 buah catur yang terbagi sama rata dalam kelompok warna terang ("putih") dan gelap ("hitam"). Permainan ini dimainkan oleh dua orang. Sebelum bertanding, pemain harus mengetahui peraturan catur, kemudian memilih warna buah catur yang akan dimainkan. Masing-masing pemain memiliki 16 buah catur dengan bentuk dan nama yang berbeda untuk dimainkan: satu raja, satu menteri, dua benteng, dua kuda, dua gajah, dan delapan bidak. Masing-masing buah catur juga memiliki aturan pergerakan yang berbeda-beda. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai. Selama permainan berlangsung, pemain harus memindahkan buah caturnya sesuai dengan peraturan, sambil menyingkirkan buah catur lawan dari papan permainan apabila memungkinkan, yang biasa disebut "memakan". Kemenangan pemain ditentukan oleh keberhasilan dalam mengadakan 'sekakmat',[1] yaitu posisi saat raja lawan tidak bisa mengelak untuk "dimakan". Selain sekakmat, kemenangan juga dapat diperoleh apabila lawan menyatakan telah menyerah secara sukarela, yang biasanya disebabkan karena jumlah buah catur yang tidak sebanding, atau merasa bahwa sekakmat tidak bisa dihindari lagi. Permainan juga bisa berakhir seri, yang disebut dengan istilah "remis".

Sejarah Organisasi


Terbentuknya Unit Kegiatan Mahasiswa CATUR UDINUS ini, dilatar belakangin atas dasar seseorang mahasiswa Udinus yang bernama Dede arisko agustiawan asal kota palembang di tugaskan oleh dosennya untuk ikut lomba Catur di salah satu perguruan tinggi di kota semarang, PCMS (Persatuan Catur Mahasiswa Semarang) atas awal dasar tersebut dan dilihat banyaknya minat para mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro terhadap Permainan Catur ini, maka atas izin tuhan yang Maha Esa terpikirlah di dalam benak mahasiswa tersebut 16 Mei 2017 untuk mendirikan suatu Perkumpulan Organisasi Catur UDINUS yang di sahkan pada tanggal 27 Juli 2019 Resmi Menjadi Komunitas.
Pengumuman Terkini
Agenda Terkini

Biro Kemahasiswaan

Biro Kemahasiswaan merupakan unit yang berfungsi untuk mengelola berbagai macam pelayanan kepada mahasiswa dan alumni UDINUS. Biro Kemahasiswaan mengelola rrusan Kemahasiswaan, termasuk kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa (UKM), organisasi mahasiswa, manajemen beasiswa dan urusan Alumni, termasuk organisasi alumni, pendataan kepindahan pegawai, sosialisasi lowongan pekerjaan

Alamat

Gedung A Lantai 1
Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Nakula No. 5-11
Semarang

Designed and Developed by
PSI UDINUS
Top