ANIMCAM
Pelaksanaan : 2024-12-17 s/d 2024-12-19
Pada era digital saat ini, sebagian besar bidang telah dialihkan pada bentuk digital. Seperti halnya dengan industri kreatif yang kini terus mengalami perkembangan sang sangat pesat dan dinamis, Salah satunya adalah seni digital dan animasi 3d yang sering digunakan pada industri perfilman, game, hingga design produk. Pada dunia pendidikan terutama bagi siswa dan siswi SMK Animasi, kemahiran pembuatan animasi 3d menjadi target utama yang penting dipersiapkan untuk mereka yang akan memasuki dunia professional ataupun lanjut ke tahap yang lebih tinggi seperti masuk Universitas Program Didik Animasi.. Salah satu kemampuan utama untuk mendukung perkembangan kemampuan tersebut adalah 3D sculpting, yaitu teknik permodelan 3D yang memungkinkan untuk menciptakan karakter atau objek dengan detail dan realistis, yang salah satunya dapat dibuat menggunakan software Blender. Blender adalah salah satu software open-source terbaik untuk 3D sculpting karna memberikan peluang luas bagi penggunanya untuk belajar dan mengasah skill mereka tanpa perlu khawatir akan biaya lisensi. Akan tetapi, untuk mahir menggunakan Blender dan memanfaatkan fitur – fturnya secara maksimal, dibutuhkan latihan yang didampingi secara intensif. Maka dari itu, ANIMCAM diadakan untuk wadah bagi siswa dan siswi SMK Animasi untuk mengembangkan skill mereka sekaligus membekali mereka dengan skill yang dibutuhkan untuk menuju ke industri. Dengan mengusung tema “Next Step” yang Diikuti oleh 100 peserta SMK Animasi, Workshop ini diharapkan dapat mendukung professionalitas, kreativitas dan skill peserta dengan rtujuan untuk memberikan pemahaman dasar hingga lanjut 3D sculpting melalui metode pembelajaran interaktif. Workshop ini juga diharapkan dapat memotivasi siswa siswi SMK Animasi untuk terus belajar dan dapat menciptakan karya – karya berkualitas. Kegiatan ini juga akan didampingi oleh narasumber mahasiswa berprestasi UDINUS yang akan memberikan kesempatan praktik langsung sehingga para peserta dapat memperoleh pembelajaran yang mendalam dan interaktif.
Pada era digital saat ini, sebagian besar bidang telah dialihkan pada bentuk digital. Seperti halnya dengan industri kreatif yang kini terus mengalami perkembangan sang sangat pesat dan dinamis, Salah satunya adalah seni digital dan animasi 3d yang sering digunakan pada industri perfilman, game, hingga design produk. Pada dunia pendidikan terutama bagi siswa dan siswi SMK Animasi, kemahiran pembuatan animasi 3d menjadi target utama yang penting dipersiapkan untuk mereka yang akan memasuki dunia professional ataupun lanjut ke tahap yang lebih tinggi seperti masuk Universitas Program Didik Animasi.. Salah satu kemampuan utama untuk mendukung perkembangan kemampuan tersebut adalah 3D sculpting, yaitu teknik permodelan 3D yang memungkinkan untuk menciptakan karakter atau objek dengan detail dan realistis, yang salah satunya dapat dibuat menggunakan software Blender. Blender adalah salah satu software open-source terbaik untuk 3D sculpting karna memberikan peluang luas bagi penggunanya untuk belajar dan mengasah skill mereka tanpa perlu khawatir akan biaya lisensi. Akan tetapi, untuk mahir menggunakan Blender dan memanfaatkan fitur – fturnya secara maksimal, dibutuhkan latihan yang didampingi secara intensif. Maka dari itu, ANIMCAM diadakan untuk wadah bagi siswa dan siswi SMK Animasi untuk mengembangkan skill mereka sekaligus membekali mereka dengan skill yang dibutuhkan untuk menuju ke industri. Dengan mengusung tema “Next Step” yang Diikuti oleh 100 peserta SMK Animasi, Workshop ini diharapkan dapat mendukung professionalitas, kreativitas dan skill peserta dengan rtujuan untuk memberikan pemahaman dasar hingga lanjut 3D sculpting melalui metode pembelajaran interaktif. Workshop ini juga diharapkan dapat memotivasi siswa siswi SMK Animasi untuk terus belajar dan dapat menciptakan karya – karya berkualitas. Kegiatan ini juga akan didampingi oleh narasumber mahasiswa berprestasi UDINUS yang akan memberikan kesempatan praktik langsung sehingga para peserta dapat memperoleh pembelajaran yang mendalam dan interaktif.